Subhanallah! Banyak Al Quran Raksasa Terdapat Di Indonesia - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Thursday, December 10, 2015

Subhanallah! Banyak Al Quran Raksasa Terdapat Di Indonesia

Subhanallah! Banyak Al Quran Raksasa Terdapat Di Indonesia


ITgarla.com - Subhanallah! Banyak Al Quran Raksasa Terdapat Di Indonesia. Al Quran adalah kitab suci agama islam yang didalamnya terdapat tuntunan dan ajaran untuk menjalani kehidupan sehingga kelak menjadikan umat Nya masuk surga. Kita telah di berikan  puncak dan penutup wahyu Allah Mukjizat Al-Qur'an sungguh tiada tandingannya. Kitab suci umat Islam ini adalah kitab yang diturunkan dari langit dan menyempurnakan kitab-kitab sebelumnya. Al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara berangsur-angsur melalui perantara malaikat Jibril.


Banyak orang sholeh yang sangat cinta kepada Allah dan kitabnya yakni Al Quran. bahkan Bagian dari mereka membuat sebuah karnya yang tidak biasa sebagai bentuk kecintaan terhadap Al Quran. Salah satunya dengan membuat Al Quran yang sanagt besar. Indonesia sendiri yang terkenal sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar didunia juga punya beberapa peninggalan bersejarah berupa Al Quaran Raksasa. berikut Top 7 yang menjadi Al Quran terbesar di Indonesia.

1. Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman

Bersatulah - Al-Quran di Pondok Pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman

Pondok pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman menjadi salah satu tempat keberadaan Al-Quran terbesar yang pertama. Pondok pesanter yang didirikan oleh Habib Saggaf bin Mahdi menyimpan Al-qur'an yang beratnya mencapai 1,2 ton. Al-qur'an tersebut terbuat dari baja stainlees terdiri dari 306 halaman dengan ukuran per halaman 100 x 140 cm serta memiliki berat 4 kg per halamannya. pembuatannya sendiri membutuhkan waktu 5 tahun. Pondok pesantren Al-Ashriyyan Nurul Iman juga memiliki 8 koleksi Al-Quran berukuran raksasa. Setiap Al-Quran berisi surat lengkap 30 jus. ukurannya juga variatif yakni 2 m x 3,8 m, 1,5 m x 2,4 m, 1,8 m x 2,4 m serta 1,8 m x 2,6 m.

2. Al-Quran Al Akbar di Palembang

Bersatulah - Al-Quran Al Akbar di Palembang

Al-Quran terbesar selanjutnya ada di kota Palembang. Al-Quran tersebut berisikan 30 yang uniknya pembuatannya di lakukan dimedia kayu. Ukiran Al-Quran tersebut dinamai Al-Quran Al Akbar. penamaan tersebut jelas karena bentuknya yang besar. Al-Quran tersebut terusun secara rapi setinggi 15 m dengan jumlah susunan 315 papan. susunan setiap papan-papan tersebut memiliki ukuran 177 x 140 cm yang kedua sisinya diukir ayat Al-Quran. untuk menyelesaikan 30 juz serta doa khatam Al-Quran jumlah halaman yang di hasilkan sebanyak 630 halaman.


3. Al-Quran di Masjid Agung Semarang 

Bersatulah - Al-Quran di Masjid Agung Semarang

Al-Quran yang selanjutanya adalah Al-Quran yang terdapat di Masjid Agung Semarang. Al-Quran tersebut memiliki ukuran 145 x 95 cm. Al-Quran tersebut di tulis oleh Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah. selain memiliki Drs. Khyatudin, dari Pondok Pesantren Al-Asyariyyah raksasa, masjid yang menjadi kebanggaan warga semarang ini juga memiliki bedug raksasa. beduk tersebut memiliki ukuran panjang 310 cm dengan diameter 220 cm. Bedug tersebut merupakan replika dari bedug Pendowo di Purworejo. Dalam pengerjaan bedug tersebut dibuat oleh beberapa santri dari ponpes Al falah, tinggar jaya, Jatilawang kab. Banyumas.

4. Al-Quran di Masjid Agung Al-Munada Darrussalam Baiturrohman, Casablanca

Bersatulah - Al-Quran di Masjid Agung Al-Munada Darrussalam Baiturrohman, Casablanca



Al-Quran raksasa selanjutnya ternyata ada di jakarta. tepatnnya di masjid Agung Al-Munada Darrussalam Baiturrohman yang terletak di antara dua sisi tower Apartemen Casablanca yang menjulang. Masjid ini sangat unik, bagaimana tidak bentuk masjid ini menyerupai kapal. Kontruksi kapal tersebut terinsipirasi dari cerita Nabi Nuh As. Masjid yang yang tidak banyak orang mengetahuinya ini ternyata menyimpan sebuah Al-Quran raksasa. Al Quran tersebut dibingkai dengan kover dari kayu  yang dihiasi batu giok yang berjumlah 13 buah. siapa sangka ada tempat yang sangat bersejarah di gang kecil yang diapit oleh dua bangunan Apartemen Casablanca.

5. Al-Quran  di Masjid Aulia, Sapuro kota Pekalongan


Al-Quran raksasa selanjutnya ada di Masjid Aulia, Sapuro kota Pekalongan. Al Quran raksasa di masjid Aulia adalah sebuah hadiah dari seorang inspektur polisi yakni Muhammad Aswantari, dalam rangka peresmian rehab atau perbaikan masjid yang diberikan pada tahu 1970. Al Quran tersebut di tulis dalam kain kanvas yang berukuran 230 x 160 cm. karena bentuknya yang besar dan terbuat dari kain yang mulai mudah sobek, maka Al Quran tersebut hanya dapat dibuka min 3 orang yang mebukanya. hal tersebut dapat kita bayangkan besarnya Al Quran tersebut.

6. Al Quran Mushaf Wonosobo di museum Bayt Al Quran TMII


Al-Quran yang selanjutnya juga ada di Jakarta. berbeda dengan Al Quran di daerah Casablanca yang jarang orang mengetahuinya, Al Quran ini lebih Familiar dan sering dibicarakan di mediasosial belakanagan karena terpampang di pemeran Al Quran di TMII. Al Quran tersebut adalah Mushaf Wonosobo. Al Quran tersebut terdapat di museum Bayt Al Quran TMII. Al Quran tersebut memiliki ukuran 2 x 1,5 meter dan memiliki berat 165 kg. Dengan ukuran tersebut bisa dibayangkan besarnya Al Quran tersebut.

7. Al Quran di Masjid Raya Makasar, Makasar

Bersatulah - Al Quran di Masjid Raya Makasar, Makasar

Al Quran yang selanjutnya terdapat di makasar. Al quran yang dipajang di depan pintu masuk masjid Raya Makasar di jalan Veteran Utara itu sangat menakjubkan. Betapa tidak Al Quran tersebut memiliki ukuran 1 x 1,5 m. tidak tanggung-tanggung beratnya juga mencapai 584 kg. Dalam rangka menjaga artefak berharga tersebut, maka pihak pengelola masjid membingkainya dalam sebuah kaca yang dengan bingkai kayu.

Itulah Al Quran Raksasa yang ada di Indonesia. Selain menjadi negara yang memiliki jumlah muslim yang terbesar ternyata kita juga memiliki banyak peninggalan berupa Al Quran Raksasa. Semoga menambah iman dan taqwa ALLAH SWT. 

No comments:

Post a Comment