6 Masjid Paling Unik Di Dunia - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Monday, December 21, 2015

6 Masjid Paling Unik Di Dunia

Haloo.. Sobat ITgarla.com ada banyak agama dengan berbagai tempat ibadah. Nah, di artikel ini Bermacam- macam - masjid yang paling unik dengan Kontruksi tempat ibadah akan dibuat sesuai dengan karakter agama tersebut. Indonesia sendiri sekarang terdiri dari 6 agama yang diakui oleh pemerintah. Salah satunya adalah agama islam. Penduduk yang memeluk agama islam di Indonesia adalam mayoritas bahkan terbesar didunia saat ini. Maka wajar jika Masjid sebagai tempat ibadah umat islam dapat ditemukan di indonesia.


Namun bagaimana jika masjid dibuat dengan kontuksi yang unik, atau letaknya yang tidak biasa. Artikel Berikut ini akan mengulas beberapa masjid paling unik yang ada di dunia. yuk kita simak..

1. Masjid Agung di Kota Djenne, Mali


Masjid paling unik yang pertama berasal dari negara Mali. Mali adalah negara yeng terletak di. Saat ini mali dikenal sebagai salah satu negara miskin didunia. Tingkat buta huruf yang tinggi dan harapan hidup yang rendah membuat negara ini makin terpuruk. Namun negara yang memiliki banyak penduduk yang memeluk agama islam tersebut ternyata memiliki masjid yang unik. 


Masjid yang unik tersebut dibangun hanya dengan menggunakan lumpur dan kayu. Kontruksi bangunan yang unik tersebut dapat kita lihat dri bentuk dan terdapat kayu yang terlihat seperti jarum. Kayu tersebut berfungsi penyangga dan perancah untuk memperbaiki banguna masjid yang retak. 

2. Masjid Jamiul Alfar di Kota Kolombo, Sri Lanka


Masjid unik yang berikutnya ada di Kota tua Kolombo, Sri Langka. Masjid tersebut diberi nama masjid Jamiul Alfar . Masjid unik tersebut adalah salah satu masjid tertua di Sri Langka. Masjid yang di bangun pada tahun 1908 dan selesai setahun kemudian itu dirancang oleh Hl Saibo Lebbe. 


Ciri Khas unik dari Masjid tersebut yakni desain Arsitektur dari masjid tersebut yakni ornamen dan dekoratif belang merah dan putih yang menghiasi hampir diseluruh masjid. Masjid yang dapat menampung 5.000 jamaah tersebut membuatnya menjadi masjid terbesar di Sri Langka.

3. Masjid Agung di Xi’an, Cina


Masjid Unik didunia selanjutnya yakni masjid Masjid Agung di Xi’an di Cina. Pemeluk islam di cina memang minoritas. namun tidak membuat para pemeluk islam disana tidak bisa membuat masjid sebagai tempat beribadahnya. Masjid ini sangat unik, terbesar dan tertua di kota Chang’an yang lebih dikenal dengan kota Xi'an. Masjid yang dibangun sejak abad ke-8 masehi itu terlihat tidak seperti krontuksi masjid pada umumnya. 


Sekilas masjid tersebut terlihat seperti kuil. Namun ketika Anda melihat lebih dekat maka Anda akan melihat bahwa itu adalah masjid. Hiasan figurative yang ada pada bangunan tersebut bertuliskan kaligrafi-kaligrafi bahasa arab dan cina. Masjid tersebut dapat menampug sampai dengan 1.000 jamaah dan walaupun usianya yang sanagt tua, masjid tersebut masih terlihat terwat dengan baik dan digunakan sampai sekarang.

4. Masjid Hassan II, Maroko


Masjid unik berikutnya ada di negara Maroko. Maroko adalah negara yang juga penduduknya mayoritas beragama muslim. Dalam segi pembanguan masjid, tentu Maroko tidak mau kalah dengan negara islam lainnya. Masjid yang indah dan megah serta diyakini memliki ukuran terbesar kedua setelah masjidil Haram tersebut menjadi kebanggaan masuyarakat Maroko. Uniknya masjid ini dibangun diatas laut. 

Penamaan Masjid Hassan II mengambil dari Raja pada saat masjid tersebut dibangun. Masjid yang memiliki kapasitas 25.000 orang ini dibangun dengan waktu pengerjaan 6 tahun, mulai tahun 1980-1986 Pada masa kekuasan Raja Hasan II. Desain masjid tersebut lahir dari arsitek terkenal kebangsaan Perancis, Michel Pinseau.

5. Masjid Larabanga di Ghana


Masjid unik berikutnya ada di negara Ghana. Salah satu negara yang berada di Benua Afrika tersebut memiliki masjid yang unik. masjid tersebut bernama masjid Larabanga. Masjid yang memiliki umur yang sudah tua itu terbuat dari lumpur namun masih kokoh sampai sekarang. Masjid tersebut dinilai menjadi masjid tertua di ghana dan kawasan afrika barat. 


Masjid tersebut memang tidak begitu besar, namun bentuknya sangat eksotis dan memiliki nilai sejarahnya yang tinggi, sehingga masjid ini masuk ke dalam daftar 100 situs dunia yang harus diselamatkan, versi The World Monuments Fund’s. 

6. Masjid Perahu, Indonesia


Masjid unik selanjutnya adalah masjid Perahu di indonesia. Indonesia yang mayoritas muslim tentu juga memiliki masjid unik yakni masjid berbentuk perahu. Siapa sangka Masjid tersebut ada di jakarta, ya masjid tersebut lebih tepatnya ada di daerah Casablanca. Masjid tersebut memiliki ukuran 8 x 5 meter. 


Masjid yang diberi nama Masjid Al Munada Darussalam tersebut dibangun seperti perahu karena terinspirasi oleh kisah nabi Nuh AS. Jika anda pergi ke jakarta dan melintas didaerah casablanca maka cobalah mampir ke masjid tersebut. Temukan keunikan-keunikan lainnya. salah satunya adanya Al-quran raksasa di masjid tersebut.



Sumber : bersatulah

No comments:

Post a Comment