5 Tips Ampuh Merawat Paru-Paru - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Tuesday, December 1, 2015

5 Tips Ampuh Merawat Paru-Paru





Haloo.. sobat ITGarla.com kali ini saya akan berbagi 5 Tips Ampuh Merawat Paru-Paru . Kita terkadang lupa dengan kondisi udara atau lingkungan sekitar yang telah kita anggap sepele misalnya rokok, polusi udara, dan berbagai macam virus udara, Nah di sini kita garis bawahi bahwa udara sangat berbahaya dari pada virus yg lainnya, Paru-paru sangatlah mudah bila terkena penyakit virus udara.Oleh sebab itu kita harus menjaga linkungan sekitar dan menjaga  Saudara2 dan anak2 kita .
Paru – paru merupakan organ dalam yang berperan penting untuk pernafasan. Jika terdapat gangguan dalam paru – paru, tentu sistem pernafasan juga akan terganggu. Kalau sudah seperti ini, jantung pun juga akan bereaksi dengan bekerja lebih keras lagi. Jika tidak segera diatasi, gangguan pada paru – paru juga akan menyebabkan kematian. Hal tersebut terjadi lantaran kesalahannya sendiri yang mengabaikan kesehatan paru – paru.
Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Mungkin ia mengabaikannya karena kurang memahami tentang cara menjaga paru – paru yang benar. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai tips menjaga kesehatan paru – paru agar dapat anda coba di rumah.


  • Hindari Rokok
Cara pertama untuk menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Rokok adalah benda yang mengandung zat beracun seperti nikotin. Jika masuk ke dalam tubuh, zat ini akan merusak organ – organ penting di dalam tubuh seperti paru – paru. Menurut survey yang dilakukan saat melakukan percobaan beberapa saat lalu, dokter telah membuktikan bahwa diantara 10 perokok aktif, 9 diantaranya mengidap penyakit paru – paru. Oleh karena itu, demi menjauhkan racun nikotin dari tubuh sebaiknya anda mulai mengurangi dan menghilangkan kebiasaan merokok.
  • Hindari Polusi Udara
Usahakan udara yang anda hirup adalah udara segar yang belum bercampur polusi. Bagi anda yang memiliki rumah di kota, mungkin udara segar akan sangat sulit didapatkan. Oleh karena itu sebaiknya anda menanam beberapa pohon di depan rumah agar udara di lingkungan rumah anda tetap selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, jangan lupa untuk mengenakan masker saat anda melakukan perjalanan jauh maupun dekat. Dengan masker, anda akan menghindari polusi udara yang juga akan menyebabkan sistem pernafasan menjadi terganti.


  • Olahraga Rutin
Hal berikutnya yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan rutin berolahraga setiap hari. Olahraga akan membuat paru – paru menjadi sehat karena pernafasan kita akan tertata ketika rutin berolahraga. Olahraga yang disarankan adalah renang, berlari dan berjalan. Dengan rutin melaksanakan satu diantara 3 olahraga tersebut, anda akan terbebas dari penyakit paru – paru yang dapat mengancam keselamatan jiwa anda.


  • Hindari Stres

Stress yang dialami oleh manusia pada umumnya adalah karena faktor kelelahan menghadapi masalah yang membuat anda menjadi stress dan tertekan. Oleh karena itu, demi menjaga kesehatan paru – paru, anda harus membuat pikiran anda menjadi selalu tenang dan nyaman. Usahakan untuk selalu menanggapi masalah dengan pikiran yang tenang dan akurat. Dengan begitu, kesehatan paru – paru anda akan lebih sehat dan prima.


  • Bernafas Melalui Hidung

Poin yang terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar paru – paru tetap sehat adalah dengan cara membiasakan diri bernafas melalui hidung. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dengan melalui hidung, udara yang hendak memasuki paru – paru akan disaring dahulu menggunakan bulu hidung.

Demikian beberapa cara yang dapat sobat coba untuk menjaga kesehatan paru – paru. Dengan membaca tips di atas, harusnya sobat mulai mengerti tentang cara menjaga kesehatan paru – paru yang paling efektif dibandingkan dengan produk yang lainnya dan jangan lupa bertanya atau mencari ilmu ke Orang berbidang kesehatan yatiu Dokter :)

No comments:

Post a Comment