9 Manfaat Sunah Tidur Miring ke Kanan - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Saturday, December 19, 2015

9 Manfaat Sunah Tidur Miring ke Kanan



Haloo.. Sobat Itgarla.com Islam memang penuh rahmat dan berkah. Bagaimana tidak, Allah begitu cinta terhadap manusia sehingga segala tingkah-laku kita diberikan anjuan yang ketika kita mengerjakan ajuran dan aturan-Nya maka banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Allah menyeru sesuatu tentu bukan tanpa alasan. Semua yang dituliskan dalam Al Quran dan yang dilakukan Nabi yang disebut dengan sunah tentu memiliki arti tertentu yang berrujung pada kemslahatan umat manuasi.

Salah satu anjuran karna keciantaan Allah kepada manusia yakni anjuran untuk tidur miring kanan. Bagai mana posisi anda saat tidur? Miring Telentang atau tengkurap?. Ternyata posisi tidur tidak boleh disepelekan. Islam begitu sempurna sehingga mengatur tatacara tidur yang baik bagi manusia. seperti yang terdapat dalam sebuah hadit yang berbunyi:

 “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu,” (HR Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710)

Hadits tersebut menyeru manusia untuk tidur diatas rusuk sebelah kanan. Itu artinya posisi tersebut adalah miring ke sebelah kanan. Namun apa sebenarnya manfaat dari tidur dengan posisi tersebut.

Dalam sebuah kajian menunjukkan bahwa tidur miring kanan adalah posisi tidur ayng sangat baik dilakukan dan sangat dianjurkan. Tahukah anda bahwa ukuran paru-paru sebelah kanan lebih besar dari pada ukuran paru-paru sebelah kiri. Karena hal tersebut, jantung menahan beban yang lebih sedikit dan lever pun berada berada pada kondisi yang setabil dan tidak tergantung saat tidur miring kekanan. Lambung juga berada pada posisi yang nyaman serta posisi tersebut aka membantu pengosongan lambung. Selain itu, dengan posisi tersebut juga akan mempermudahkan sekresi yakni berupa cairan lendir pada bronkutus (cabang paru-pau) sebelah kiri. 

Banyak lagi manfaat yang didapat jika tidur dengan posisi miring kanan. Antara lain:

1. Mengurangi beban jantung.
2. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
3. Menjaga saluran pernafasan.
4. Merangsang buang air besar (BAB).
5. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
6. Mengisitirahatkan kaki kiri.
7. Mengistirahatkan lambung.
8. Menjaga kesehatan paru-paru.
9. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.


Banyak sekali bukan manfaat ketika kita menjalankan sunah nabi. Islam mengajarkan hidup untuk lebih beradab, bermartabat dan tentu saja sehat. Semoga kita semakin giat mengerjakan amalan-amalan sholeh yang dianjurkan-Nya lewat Al Quran dan AS Sunah agar hidup makin Berkah dan indah. Amin.  

Sumber:bersatulah

No comments:

Post a Comment