Facebook Digugat Karena Feature Photo Tagging - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Sunday, May 8, 2016

Facebook Digugat Karena Feature Photo Tagging

IT Garla - Sudah pasti tau kan sosial media Facebook ? Sosial media ini memiliki perkembangan yang sangat cepat dan pesat di era globalisasi saat ini. Namun pada beberapa hari yang lalu Facebook harus menghadapi gugatan perkara hukum privasi berkat fitur foto tagging-nya setelah hakim menolak permintaan media sosial terbesar dunia itu untuk menghentikan kasus.

The-Hoedhya.Blogspot.Com

Hakim Distrik San Francisco, James Donato, memutuskan bahwa teknologi foto tagging tersebut melanggar hukum Illinois yang melarang mengoleksi dan menyimpan data biometrik tanpa persetujuan eksplisit.
"Pengadilan menerima tuduhan bahwa teknologi pengenalan wajah Facebook melibatkan pemindaian wajah geometri yang dilakukan tanpa persetujuan yang benar dari penggugat," tulis Donato dalam putusan itu, sebagaimana dikutip dari Digital Trends, Sabtu (7/5/2016).
Fungsi tagging photo yang bersangkutan telah menjadi bagian dari Facebook sejak 2010. Dengan bantuan perangkat lunak pengenalan wajah, alat mengidentifikasi pengguna dalam foto dan secara otomatis menge-tag mereka.

Berdasarkan laporan CNBC, menanggapi tuduhan penggugat bahwa mereka tidak pernah memberi izin Facebook untuk menggunakan wajah mereka sebagai pengidentifikasi biometrik, jaringan sosial berpendapat bahwa fitur tersebut dicantumkan dalam persyaratan layanan.

Terlebih lagi Facebook juga telah memberikan pengguna kemungkinan untuk mematikan fungsi fitur itu jika tidak menginginkannya. Selain itu, Facebook mengatakan bahwa hukum yang dikutip tidak berlaku untuk alat mereka karena "faceprints" yang diambil berasal dari foto.

Sumber : OkeZone

No comments:

Post a Comment