Apa Perbedaan Antara Proxy dengan VPN Server ? - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Thursday, May 5, 2016

Apa Perbedaan Antara Proxy dengan VPN Server ?

IT Garla - Suatu kebutuhan untuk terkoneksinya dengan jaringan luar seperti internet sudah menjadi salah satu kegiatan yang harus dimasukan ke dalam list aktivitas sehari-hari. Penggunaan internet sendiri sudah menyebar luas dikalangan masyarakat dengan cepat seiringnya perkembangan tekonologi khususnya di Negara Indonesia Tercinta ini.

Pengguna layanan internet sendiri mulai dari anak-anak sekolah dasar sampai dengan orang tau pun tak luput dari kegiatan tersebut. Namun pada kesempatan kali ini penulis IT Garla tidak akan membahas panjang x lebar untuk internet, namun lebih ke sistem transmisi yang digunakan saat melakukan akses ke jaringan luar menggunakan internet maupun intanet itu sendiri.

Pasti sudah pernah dengar maupun membaca meskipun sekilas tentang :
  • Apa itu Proxy ?
  • dan apa itu VPN ?
The-Hoedhya.Blogspot.Com

Mari diskusi sejenak tantang Apa Perbedaan Antara Proxy dengan VPN Server ? sebagai berikut :
  • Proxy Server
  • Proxy Server adalah sebuah perantara atau penengah (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara request atau permintaan dari client untuk mencari sumber daya dari server lainnya.

    www.ITGarla.Com

  • VPN Server
  • VPN (Virtual Private Networ) server atau juga tunnel (terongan) dimana trasmisi data yang terenkripsi antara komputer dengan VPN Server nantinya. 
    www.ITGarla.Com

Terus, apa yang terjadi jika menggunakan Proxy atau VPN Server ?

Manfaat yang didapatkan ketika menggunakan Proxy atau VPN Server ini antara lain adalah :
  • Identitas IP Address Public dari ISP akan digantikan dengan service yang berikan.
  • Website yang sebelumnya diblokir oleh pihak ISP, ketika menggunakan layanan tersebut akan bisa diakses kembali.
dan lain sebagainya.

Setelah itu ketika sedang surfing seperti menggunakan  layanan private yang digunakan. Tapi, tetap koneksi asalnya dari ISP yang dipakai.

Untuk Proxy dan VPN Server sendiri meliki tujuan dan penggunaan yang sama. Namun untuk fungsinya sendiri tidaklah sama alias berbeda. Penggunaan Proxy dan VPN Server sendiri memiliki kecepatan, keamaan dan kestabilan berdasarkan harga, mulai dari yang gratis sampai dengan premium.

Aturan dalam sistem komputer bisa disebut juga dengan protokol. Protokol pada layanan Proxy Server ada 2 jenis, antara lain :
  1. HTTP Proxy Server.
  2. www.ITGarla.Com

    HTTP sudah pasti berhubungan dengan peranti lunak atau software browser. Untuk masalah lalu lintas yang digunakan protokol ini seperti http:// dengan port default 80 dan https:// dengan port dengan 443.

  3. SOCKS Proxy Server.
  4. www.ITGarla.Com
    Untuk SOCKS Proxy Server sendiri bisa dibilang memiliki kemampuan yang lebih efisien daripada HTTP Proxy Server. Karena port yang digunakan tidak ada aturan tertentu asal tidak menggunakn port default yang sudah digunakan oleh service yang lainnya.

    Maka ketika menggunakan SOCKS Proxy Server sendiri tidak hanya dapat mengakses port 80 dan 443 melaikan bisa juga port 25 (SMTP), 21 (FTP), dan lain sebagainya.
Bagaimana sudah ada gambaran bagaiaman kerja pada layanan Proxy dan VPN Server ? dan Apa Perbedaan Antara Proxy dengan VPN Server ?

Pada kesempatan kali ini cukup sampai disini saja, apabila ada saran, kritik dan pertanyaan tentang artikel ini bisa menggunakan kotak form komentar yang sudah disediakan atau menghubungi langsung kontak IT Garla.

Untuk share kali ini penulis ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat ^_^

Sumber : Wikipedia

No comments:

Post a Comment