Update Terbaru Lengkap 2019 Cara Setting Modem ONT Huawei HG8245A Telkom Indihome - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Friday, January 11, 2019

Update Terbaru Lengkap 2019 Cara Setting Modem ONT Huawei HG8245A Telkom Indihome



Update Terbaru Lengkap 2019 Cara Setting Modem ONT Huawei HG8245A - Di arttikel ini saya akan menjelaskan secara UMUM saja, CEPAT dan MUDAH di pahami karna mudah cepat itu yang paling di cari. Nah untuk Modem tipe ini sudah menggunakan jaringan Fiber untuk penyettingan sendiri ini dengan cara manual mengisi sesuai kebutuhan kita untuk PPPOE maupun Bridge.

Modem atau ONT biasanya diberikan oleh pihak penyedia layanan internet (ISP) yang sudah menggunakan teknologi GPON (Gigabit-capable Passive Optical Networks) yaitu sebuah teknologi node akses yang diperlukan untuk memberikan layanan akses internet dan multimedia seperti voice, video dan konten lainnya.


Mengganti Nama Wifi atau SSID dan Password :


  • yang pertama kita masuk browser chrome/mozila ketikan 192.168.100.1 kemudian muncul untuk login, username Support dan Passwordnya theworldinyourhand seperti di bawah ini

  • masuk menu WLAN nah bagian SSID Name itu adalah untuk menentukan Nama wifi dan untuk Passwordnya di bagian WPA PreSharedKey di sini untuk menentukan password minimal 8 karakter kemudian tinggal Apply Seperti di bawah ini :




Konfigurasi Firewall Harus Disabled :

nah kenapa harus disabled karna untuk menghindari terjadinya acces di luar proxy atau ip client misalnya Aplikasi Sosmed contohnya WA,Line,IG dll bukan hanya aplikasi sosmed berpengaruh juga pada game online nah ketika tidak disable akan berakibat WA putus2, tidak bisa galvide call maunpu penggunakan call online dan untuk game akan tidak dapat terhubung ke server dan kebanyakan akan putus2 atau RTO itu penyebabnya kenapa harus disabled Firewallnya. nah caranya gmn? yuk di bwah ini


  • Masuk bagian Security kemudian Firewall Level Configuration - Firewall Level - Disabled kemudian tinggal Apply seperti di bawah ini :





Mengganti Primary IP atau alamat IP Modem :

Sangat Penting untuk mengganti Primary IP karna apa? karna untuk menghindari Hacker maupun di bajak tetangga kalian.alamat ip modem sangat lah mudah untuk di bajak karna di internet seperti ini sudah banyak caranya jadi sebaiknya anda ganti untuk alamat ip modem .
  • untuk mengganti alamat ip modem di bagian LANLAN Host Configuration - Primary IP ganti sesuai keinginan anda dan jgn sampai lupa hahaha... kalau sudah tinggal Apply seperti dibawah ini :


Memblock Mac Addres Wifi dan Yang Di Izinkan Saja :

Di Bagian ini juga sangat penting untuk menghindari dari Hacker maupun di Bajak Tetangga anda karna ketika penggunaan wifi hanya SESUAI KEINGINAN anda atau yang di TENTUKAN .baik saya jelaskan untuk Blacklist itu Mac Address wifi yang di BLOCK dan untuk yang Whitelist itu Mac Address wifi untuk yang di izinkan saja jadi anda wifi tanpa password itu sudah sangat AMAN. kalau saya rekomendesikan menggunakan tanpa password wifi dan menggunakan mode  Whitelist.berikut caranya di bawah :

  • Pertama masuk Security - WLAN MAC Filter ConfigurationEnable WLAN MAC Filter di CENTANG - Filter Mode - Pilih - Whitelist ini saya contohkan yang di izinkan saja karna itu paling aman selanjutnya New - SSID Index ini untuk menentukan wifi mana yang akan di setting -  Source MAC Address ini isikan Mac wifi Handphone mau pun Laptop yang akan di izinkan contohnya seperi ini 5A:FB:AC:7D:EE:FF kemudian Apply seperti di bawah ini :




Huawei HG8245A Bisa Di jadikan Acces Point :

Nah apa gunanya acces point ? acces point di gunakan untuk penambahan sinyal jaringan yang dimana sinyal itu tidak sampai ke ruang tsb. misalnya ruang A dan B, ruang B tidak cukup menjangkau sinyal wifi maka harus ada tambahan acces point, nah untuk penambahan sendiri harus menggunakan kabel LAN atau RJ 45. sebenarnya ada perangkat kusus yg sudah jadi acces point tetapi Huawei HG8245A sudah bisa di jadikan acces point  berikut caranya .

  • di Bagian menu LAN - DHCP Server Configuration - Enable Primary DHCP Sever dan Enable DHCP relay jangan di centang atau hilangkan kemudian Appy



  • Selanjutnya ke WAN - WAN Configuration - New - Enable WAN di centang - Encapsulation Mode - Pilih yang IPoE - WAN Mode pilih yang Bridge WAN - Service Type pilih yang Other dan untuk Binding Option Lan1, Lan2, Lan3, Lan4 di centang Smua Kemudian Appy seperti di bawah ini :






Oke sekian artikel Update Terbaru Lengkap 2019 Cara Setting Modem ONT Huawei HG8245A Telkom Indihome semoga bermanfaat ^_^

No comments:

Post a Comment