7 Manfaat Penting Buah Naga Bagi Kesehatan - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Tuesday, January 5, 2016

7 Manfaat Penting Buah Naga Bagi Kesehatan

Haloo.. Sobat ITgarla.com Buah naga istilah buah naga sendiri berasal dari sebutan Thang loy (bahasa Vietnam). Sebutan ini dilatarbelakangi kepercayaan warga Vietnam yang kebetulan juga lekat dengan budaya China mengenai berkah yang diperoleh dai buah ini. Kebudayaan orang Vietnam dan China yang selalu meletakkan buah naga diantara dua ekor patung naga pada suatu acara kemudian diterjemahkan oleh masyarakat dengan istilah buah naga / dragon fruit.
  • Hylocereus undatus, kulit buah berwarna merah namun daging buah berwarna putih
  • Hylocereus polyrhizus, kulit buah berwarna pink / merah muda sedangkan daging buah berwarna merah
  • Selenicereus megalanthus, kulit buah agak kuning dan daging buah berwarna putih
  • Hylocereus costaricensis, baik kulit dan daging berwarna sangat merah
Keempat jenis buah merah tersebut sama-sama memberikan khasiat untuk mencegah dan mengurangi resiko penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, dll. Hal ini dikarenakan buah naga banyak mengandung Vitamin C, B1, serat, asam folat dan karoten. Saya akan membahas lebih lengkap mengenai manfaat apa saja yang dapat anda peroleh dari mengonsumsi buah naga.

1. Mencegah Kanker

Kita tahu bahwa kanker merupakan penyakit yang berbahaya. Penyakit ini sulit dan mahal untuk diobati, oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan sering mengkonsumsi buah naga. Kandungan antioksidan didalam buah naga terbukti ampuh untuk mengurangi resiko kanker.

2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Seperti halnya kanker, penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Oleh karena itu lebih baik kita mengantisipasinya daripada harus mengobati. Kandungan yang dimiliki oleh buah naga dipercaya berkhasiat untuk mengurangi resiko serangan jantung pada manusia.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah naga selanjutnya diperoleh dari kandungan betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkombinasikannya dengan wortel jika anda mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya agak aneh, sekarang anda bisa menggantinya dengan jus buah naga yang notabene lebih sedap daripada jus wortel. Biasakan rutin untuk mengkonsumi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih.

4. Bisa untuk Diet

Bagi yang sedang menjalani program diet, anda bisa mencoba menggunakan buah naga untuk asupan gizi anda sehari-hari. Buah naga terkenal kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Anda bisa mengontrol jumlah kalori anda dengan mudah menggunakan buah naga karena kandungan kalorinya yang cukup rendah. Anda juga tidak perlu khawatir akan cepat lapar karena kandungan serat yang dimiliki oleh buah naga cukup membuat anda kenyang.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Bila anda ingin badan anda tidak mudah sakit, selain berolahraga dan istirahat yang cukup tentu saja anda perlu memilih makanan yang baik dan memiliki kandungan yang cukup. Kandungan vitamin C, protein, dan potassium dalam buah naga dipercaya mampu menangkal penyakit yang datang. Jika anda merupakan orang yang gampang sakit saat pergantian musim, sebaiknya anda mencoba mengkonsumsi buah naga secara rutin.

6. Menjaga Kesehatan Gigi

Bila anda memiliki permasalahan gigi, saya sarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkonsumsi buah naga adalah dengan cara membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya yang cukup tinggi.

7. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda.
Sebenarnya masih banyak manfaat buah naga yang belum bisa saya tampilkan disini, hal ini karena buah naga dikenal dengan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tersebut tentu saja diperoleh dari konsumsi secara rutin. Cara mudah untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan membuah jus buah naga. Jus buah naga akan mudah dicerna apalagi untuk ibu hamil. Bila anda penasaran bagaimana buah naga ini bisa bermanfaat untuk janin anda, silahkan buka artikel mengenai manfaat buah naga untuk ibu hamil.
Demikian artikel dia atas tentang 7 Manfaat Penting Buah Naga Bagi Kesehatan  Semoga dapat Bermanfaat bagi sobat dan menambah wawasan manfaat dari buah naga akhir kata Hidup Sehat itu penting ^_^ 

Sumber : anggaputra

No comments:

Post a Comment