Apa itu Gerhana Matahari Dan Sejarahnya - IT Garla

Breaking

Selamat datang di IT Garla, Dimana Kita Bisa Berbagi Ilmu Tentang Teknologi, Update News dan Bebagai Macam Artikel.

Tuesday, March 8, 2016

Apa itu Gerhana Matahari Dan Sejarahnya


Apa itu Gerhana Matahari ? Gerhana matahari akan terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Memang bulan lebih kecil dari pada matahari, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer.
Ketika gerhana Matahari sedang berlangsung, umat Islam yang melihat atau mengetahui gerhana tersebut dianjurkan untuk melakukan shalat gerhana atau dinamakan shalat khusuf

Dan Juga ada jenis - jenis Gerhana matahari

  • Gerhana total
Sebuah gerhana matahari dikatakan sebagai gerhana total apabila saat puncak gerhana, piringan Matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Saat itu, piringan Bulan sama besar atau lebih besar dari piringan Matahari. Ukuran piringan Matahari dan piringan Bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak Bumi-Bulan dan Bumi-Matahari.
 
  • Gerhana sebagian

Gerhana sebagian terjadi apabila piringan Bulan(saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan.
  • Gerhana cincin

Gerhana cincin terjadi apabila piringan Bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga ketika piringan Bulan berada di depan piringan Matahari, tidak seluruh piringan Matahari akan tertutup oleh piringan Bulan. Bagian piringan Matahari yang tidak tertutup oleh piringan Bulan, berada di sekeliling piringan Bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Sejarah Gerhana Matahari Bagaimana?

Konon Kabarnya nih sejarah gerhana matahari pertama kali tercatat antara 2165 -1948 SM, dikisahkan Astronom asal kekaisaran Tiongkok Hi dan Ho diberi tugas untuk memprediksikan terjadinya gerhana, namun ternyata gagal. Saat terjadi gerhana, Kaisar murka karena tidak sempat mempersiapkan penabuh genderang dan pemanah untuk melawan naga. Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok kuno gerhana matahari disebabkan naga yang menenlan matahari. ( ini terjadi juga di masyarakat Jawa loooh, yaitu membunyikan sesuatu yang nyaring saat terjadi gerhana matahari agar raksasa gerhana tidak datang.
Gerhana Matahari pada tahun 585 SM di Turki menyebabkan pertempuran antara Lydia dan Mede berhenti karena raja-raja terkesan dan menggap dewa menginginkan pertempuran dihentikan. Sehingga pertempuran itu disebut “Pertempuran Gerhana”. Gerhana matahari itu telah diprediksi oleh Thales. Thales dinobatkan sebagai orang bijak pada tahun 582 SM walaupun Thales tidak memahami dasar ilmiah fenomena gerhana.

Dikutip Berbgai Sumber

No comments:

Post a Comment